Sabtu, 23 November 2013

MEMBUAT FOTO SILUET YANG SUPER DUPER GAMPANG!!!!

Bro, pernahkah melihat gambar yang objek utamanya malah gelap dan justru background-nya yang terang. Sebagian orang akan melihat gambar tersebut aneh, namun dalam dunia fotografi, gambar tersebut merupakan salah satu seni fotografi yang disebut dengan foto Siluet. Kita memang tidak akan menangkap ekspresi objek karena gelap, namun bentuk atau pose yang unik dari sebuah objek siluet.
Saya punya contoh foto siluet yang pernah saya buat. Mohon dikomen bila ini menarik buat Anda..

Untuk menghasilkan foto siluet sebetulnya tidak lah terlalu sulit, hanya saja kita tetap harus memperhatikan objek siluet yang ingin kita buat, meskipun akan kita hitamkan. Pose yang unik dari objek sebetulnya menjadi daya tarik atau stimulus tersendiri, jadi tidak diabaikan.
Nah bro, sebagai trik menghasilkan foto siluet, akan kita bahas disini. Demoga dapat menjadi sharing dan bahan diskusi kita selanjutnya. Berikut trik-triknya;
1. Matikan Flash, ini yang paling utama. Biarkan objek kekurangan cahaya, dan kamera Anda sudah terkondisikan pada kebutuhan cahaya yang cukup pada latarbelakangnya. Bila flash dihidupkan, Anda hanya akan mendapatkan foto biasa (karena obyek utama-nya tidak jadi gelap)
2. Perhatikan kondisi pencahayaan latar yang tepat (backlight), background Anda harus lebih terang dibandingkan dengan obyek utama. Manfaatkan sumber cahaya matahari yang sudah condong seperti saat sunset atau sunrise. Namun juga jangan terlalu dibatasi, foto siluet bisa dihasilkan kapan saja, bahkan dengan pencahayaan bantuan yang diletakkan di belakang objek, intinya Anda hanya harus menemukan background yang lebih terang dibandingkan obyek utama.
3. Perhatikan obyek yang menarik, walaupun objek utama dihitamkan, namun Foto siluet akan tetap menonjolkan bentuk/pose obyek utama. Oleh karena itu obyek dengan bentuk yang menarik dan memiliki karakter kuat tetap harus diperhatikan.
4. Perhatikan background yang tepat, Selain Anda harus menemukan background yang lebih terang, Anda juga harus mengusahakan untuk mendapatkan background yang menarik. Karena pada foto siluet, backround selalu ditampilkan secara jelas, tentunya sangat berarti bagi foto Anda. Sebagian fotografer menjadikan Langit dan pantai sebagai backround favorit.
5. Setting eksposur dengan tepat, gunakanlah mode manual eskposur. Set metering di spot metering. Coba lakukan pengukuran di daerah background yang paling terang. Ubahlah kombinasi aperture dan shutter speed dan perhatikan metering Anda, boleh ditambahkan atau dikurangi sedikit sesuai dengan berapa terang background yang ingin dihasilkan. Untuk ukuran aperture besar Anda set bila ingin background yang agak kabur, sebaliknya aperture kecil untuk background yang tajam. Setelah menentukan aperture dan shutter speed, Anda tetap harus mengarahkan fokus ke obyek utama. Namun jika Anda tidak biasa menggunakan mode manual, Anda boleh menggunakan mode auto. Arahkan kamera ke area paling terang, lalu pencetlah setengah shutter (jangan pencet penuh) dan tahan shutter jangan dilepas, kemudian arahkan kamera ke obyek utama anda baru klik.
Untuk mendapatkan hasil yang memuaskan, perlu dilakukan latihan terus menerus. Janganlah takut untuk mencoba bereksperimen. Lakukan setting kombinasi aperture dan shutter speed yang berbeda, bila perlu lakukan pencatatan. Lakukan pula bereksperimen dengan obyek yang berbeda pada kondisi yang juga berbeda.
Nah, bagaimana bro? Apakah trik-trik ini membantu? Cobalah kita lakukan diskusi bila memang ada yang belum tersebutkan disini.

Selamat mencoba.. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar